05 January 2011

Situ Cigayonggong : Tenang Menghanyutkan

"...Tempat liburan keluarga yang murah, nyaman, dan menyenangkan...Situ Cigayonggong-Subang-Jawa Barat..""
jujur saja, sebelumnya saya tidak terlalu tertarik dan berharap banyak ketika tahun baru kemaren Istri mengajak maen ke Situ Cigayonggong. Dari namanya aja udah kedengeran aneh. Ditambah beberapa minggu sebelumnya saya dikecewakan oleh tempat wisata yang bernama "batu kapur". Di tempat ini saya sudah berharap merasakan terjangan air terjun plus mandi air hangat..eeeee...sampai di tempat sungguh m e n g e c e w a k a n !!! Selain tidak terawat, jalan menuju ke batu kapur ini juga luar biasa ancur. intinya, saya berangkat dengan ekspektasi yang tidak terlalu tinggi..yaaa, sekedar pelepas penat saja.

namun setelah sampai di TKP, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Subang (kurang lebih 10 km lah), mendadak perasaan saya yang meng-under-estimate situ ini berubah. meski tempatnya "nyempil" di belokan dan tidak banyak "papan petunjuk" yang mengarahkan, akhirnya saya menemukan tempat rekreasi yang pas, pas di kantong, pas di hati.
waktu itu saya datang pagi2, dan memang belum ramai, baru ada 5-8 pengunjung saja. tiketnya murah, cuma Rp. 5.000/kepala plus parkir motor Rp.2000,- saja. begitu masuk, kita akan serasa masuk ke Taman Kanak Kanak, lhoh koq? iya, sebab kita akan langsung disuguhi oleh tempat bermain anak, mulai dari ayunan, "genjot2an", sampai arena mandi bola di sebelah kiri. persis TK. 

nah, baru di seberang arena bermain itulah kita bisa melihat bendungan kecil atau yang biasa disebut "situ" itu. airnya tenang tanpa emosi. Di tepi situ bersebelahan dengan tempat bermain anak, sudah terparkir beberapa "sepeda air" yang berbentuk macam-macam, ada bebek, hiu, lumba2 dsbnya. kalau mau main kita harus bayar lagi, berapa coba? cukup Rp. 5.000/orang s e p u a s n y a. 
sempat terpikir oleh saya akan berkeliling dengan sepeda air itu sampai sore. tapi saudara, apalah daya ternyata tenaga mengayuh dan menggenjot bebek-bebek-an itu bikin kaki babak belur..hehehe, capek juga ternyata. padahal baru 45 menitan. plus matahari mulai menyapa, jadinya tambaha panass..

puas menggeos sepeda air, adik-adik ipar saya melanjutkan dengan b e r e n a n g. Disitu juga tersedia kolam renang yang cocok buat anak-anak atau dewasa. ada patung dinosaurus dan hiu-nya. pasti anak anda akan senang dan betah. kolam renang ini tanpa atap, sehingga sambil berenang anda bisa menyaksikan pemandangan gunung tangkupan perahu nan gagah perkasa. mantabz pokoknya.
bagi yang membawa rombongan keluarga atau tetangga se-RT juga jangan khawatir. di Situ Cigayonggong ini juga tersedia tempat untuk beristirahat, vila, atau area out bond mini yang diap menghibur rombongan anda. tempat beristirahat atau makan gelar tikar ini sangat teduh dan langsung berhadapan dengan pemandangan yang asoy : kolam renang, situ, dan pegunungan tangkuban perahu...wow, unforgotable.

tempat yang sederhana, ramah, murah, bersih dan nyaman ini saya rekomendasikan untuk anda yang ingin melihat perpaduan ciptaan Tuhan dan kreasi manusia secara lebih dekat.
selamat berlibur :)

4 comments:

  1. Saya sebagai pengelola wisata air situ cigayonggong merasa sangat bangga dengan review dan postingan mengenai situ cigayonggong..smoga kedepannya wisata air situ cigayonggong menjadi objek wisata alternatif terbaik di daerah subang ini.. walaupun keadaan sekarang sungguh jauh berbeda dengan 7 tahun keblakan pada saat postingan di buat..areal situ sekarang berubah menjadi taman eceng gondok yang sangat mengkhawatirkan:'( dan berharap banyak pihak yang peduli mengenai bencana wabah eceng ini dan segera turun tangan untuk menetralisir eceng sehingga kawasan situ cigayonggong menjadi indah kembali serta melanjutkan tren wisata air situ cigayonggong yang terkenal kembali pada masa-masa jayanya dulu...amiieennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kang @devdav! wah, kangen rasanya pengen kesana lagi. Semoga wabah eceng gondok lekas ada solusinya ya dan situ cigayonggong bisa berbenah kembali menjadi semakin baik kedepannya! salam.

      Delete
    2. @devdav yexx

      Salam kenal dan salam hormat, boleh kah saya meminta kontak personnya untuk kepentingan penelitian studi saya terkait strategi pengembangan daya tarik wisata situ cigayonggong?

      Terimakasih

      From: Rifki
      UPI Bandung
      WA / LINE 081804725862
      Address: Surya Cigadung, Kabupaten Subang (Cucu dari H. otom, Leles Kasomalang)

      Delete
  2. salam kenal saya Rifki Rahmanda mahasiswa Manajemen Resort & Leisure dari UPI Bandung, kebetulan saya berasal dari Subang dan kakek saya (H. Otom) bertempat tinggal di Leles Kasomalang. Saya sedang merencanakan penelitian untuk kepentingan studi dengan tema pengembangan kawasan wisata. namun disini saya sedikitnya memohon bantuannya untuk mendapat data terkait adakah permasalahan yang di alami pengelola dalam mengelola kawasan? dan begitu juga kepada wisatawan yang pernah berkunjung, hal apa yang dirasa kurang dalam melakukan kegiatan wisata di Situ Cigayonggong? dan untuk status kepengelolaan situ apakah masih di kelola oleh swasta / pribadi? jika iya, faktor apa yang mempengaruhi terhambatnya kegiatan wisata di danau, sedangkan seperti yang kita ketahui potensi danau situ cigayonggong tergolong layak dan indah untuk dijadikan sarana wisata danau.
    Terimakasih, Salam Hormat

    ReplyDelete