19 April 2014

Leaders Forum BPPT : "Kursus Kilat" Bareng Anne Ahira

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Selasa (15/4/2014), saya menghadiri sebuah acara di Gedung BPPT Jakarta. Bukan saya sih yang diundang, saya hanya mendampingi Kepala Kantor saja ke sana. Peserta penggembira hehe.

Tapi memang judul acara ini menarik, yakni "Leaders Forum". Ya, acaranya para pemimpin. Dilihat dari undangan memang mantap, mulai dari Menteri, Kepala BPPT, Para Deputi, hingga kepala daerah (Bupati/Walikota) juga diundang hadir. Tema yang diangkat adalah : "Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Kalangan Usia Muda". Dan benar saja, bukan hanya pejabat dan kepala daerah yang hadir, tetapi juga para enterpreneur dan technopreneur muda juga diundang.

Format acaranya dikemas sangat menarik, seperti dalam acara talkshow ILC (Indonesia Lawyers Club) atau ILK (Indonesia Lawak Klub) yang biasa kita tonton di layar kaca. Ada Host atau fasilitator yang memandu acara dari awal sampai akhir (Jak Tv). Pemandu acara memperlakukan peserta yang hadir dalam meja bundar layaknya narasumber. Waktu yang diberikan kepada setiap narasumber/peserta hanya 2-5 menit saja untuk mengomentari pertanyaan yang dilontarkan oleh Host. Begitu pun dengan peserta yang bertanya juga diberikan waktu maksimal 2 menit. Dengan format acara demikian, hampir semua narasumber dapat berbagi informasi dan peserta lainnya bisa berpartisipasi secara optimal dalam waktu yang terbatas.


Tapi bukan itu saja yang menarik bagi saya. Hal menarik yang mencuri perhatian saya adalah kehadiran salah satu legenda hidup internet marketing di Indonesia, Anne Ahira. Ya, mungkin para pembaca sudah tidak asing dengan nama tersebut, apalagi yang akrab dengan internet. Bahkan mungkin diantara rekan-rekan juga ada yang menjadi alumni sekolah online asianbrain.com yang didirikannya? Dan sama dengan rekan-rekan, mungkin kita penasaran dengan wujud asli tokoh muda ini seperti apa? hehe...

Ternyata tak jauh dari pengaruhnya di dunia internet marketing, begitu mojang Bandung ini berorasi, seluruh audience (yang rata-rata pejabat dan sudah berumur) ini pun ikut tersihir. Ia memaparkan bagaimana melalui internet kita misa "menjual" apa pun, kapan pun dan kepada siapa pun. Dari jualan kosmetik sampai dengan jualan kapal tanker (yang terakhir betul-betul dijual oleh teh Anne Ahira bahkan tanpa pernah dia tahu, sentuh atau lihat langsung kapal itu sebelumnya!). Apakah butuh modal besar untuk melakukan itu? Tidak! katanya modalnya hanya dua : Menguasai Bahasa Inggris dan Belajar 2 Tahun secara serius (ini modalnya teh Anne Ahira). Kalau modal kita? ya tergantung tingkat ketekunan dan keuletan kita menekuni bisnis ini, bisa lebih banyak/lama bisa juga lebih sedikit/cepat :)

...............bersambung.

(Oke, sampai disini dulu nanti saya sambung...saya berangkat dulu men-Juri lomba Film Pendek Tk. SMA se Kab. Subang dulu yaa......salam)

No comments:

Post a Comment