04 September 2016

Tips Mendapatkan Visa Belajar ke Amerika Serikat

Dear Readers,

Mungkin diantara pembaca ada yang memiliki mimpi belajar ke Amerika Serikat. Untuk bisa menggapai mimpi itu tentu perlu kerja keras dan keinginan yang kuat (Baca : S3 Keluar Negeri, Siapa Takut?). Namun itu saja tidak cukup, banyak hal yang bersifat administratif yang juga harus kita pahami. Saya sendiri pada awal-awal juga dibuat bingung dengan berbagai informasi yang ada. Sebagian bilang sulit mengurus visa, biayanya mahal, nama islami susah masuk dan lain sebagainya. Tentu saja info-info itu sangat membantu, terutama dari blog seperti ini, namun ada baiknya juga kita pandai-pandai menyaring dan tidak begitu saja terpengaruh mentah-mentah. Dimasak sedikit biar lebih sehat :)

Well guys, biar tidak terlalu panjang bacanya, langsung saja saya akan sampaikan secara ringkas seluk beluk mengurus dokumen, terutama visa belajar, ke Amerika Serikat. Tentu saja sesuai dengan kasus dan pengalaman saya yang sangat mungkin akan berbeda dengan yang lainnya. Unutk diketahui, ada dua jenis visa ke Amerika serikat, yaitu visa non-imigrant dan visa imigran. Sebagai pelajar, saya melamar untuk visa yang pertama yaitu visa non imigrant dengan kategori visa J-1. Untuk memahami jenis-jenis Visa di US bisa dibaca lebih lengkap disini.

Pertama, untuk melamar visa seluruh prosedur sebenarnya sudah tertuang di dalam website kedubes Amerika di Jakarta (baca di sini). Bisa dikatakan, sepanjang kita mampu melengkapi seluruh dokumen yang diminta, insya allah tidak ada kesulitan berarti yang akan ditemui. Oleh karena itu, baca baik-baik seluruh dokumen yang diminta dalam website tersebut. 

Kedua, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat persiapan kita melamar Visa USA, diantaranya adalah :

a. Buat Foto sesuai ukuran yang diminta (5x5) ke tempat yang memang sudah terbiasa menerima order foto VISA USA. Agar aman, jangan sekali-kali membuat sendiri atau nge-print sendiri karena kualitasnya akan berbeda. Referensi terbaik yang bisa saya berikan adalah ke Jakarta Foto yang berada di Jalan H. Agus Salim No. 35 A, Menteng. Pengalaman Saya kemarin berfoto sekeluarga (berempat) masing-masing mendapatkan 5 buah foto dan 1 CD untuk semua soft filenya.



contoh hasil foto VISA US di Jakarta Foto


b. Buatlah janji temu untuk wawancara ketika seluruh berkas sudah lengkap. Baik itu berkas wajib maupun berkas tambahan. Jangan membuat janji pada waktu yang tidak tepat karena kita perlu banyak persiapan yang harus dilakukan, terutama jika kamu berada di luar Jakarta atau Surabaya.

c. Sebelum mengisi aplikasi online untuk Visa, baca baik-baik PANDUAN pengisian form DS 160 ini. Baru kemudian mulai mengisi aplikasi online DS 160 dengan bertahap. Dari pengalaman saya kita tidak akan selesau dalam sekali duduk. Bahkan perlu beberapa hari atau kali untuk menyelesaikannya. Akan ada banyak pertanyaan dan data yang harus disiapkan untuk melengkapinya. Oleh karena itu, lakukan dengan nyicil jauh-jauh hari dan jangan tergesa-gesa. Perhitungkan waktu dengan bijaksana.


Halaman Aplikasi Visa US


d. Setelah formulir lengkap dan seluruh aplikasi terisi, maka Anda harus membayar biaya visa terlebih dahulu sebelum bisa membuat janji wawancara. Pembayaran visa USA dilakukan di Bank CIMB Niaga. Jadi kalau di kota tempat tinggalmu belum ada bank tersebut, segera cari alternatif cabang CIMB Niaga terdekat di kota kamu dan jadwalkan untuk membayar sesuai yang diminta. Simpan bukti pembayaran tersebut baik-baik.

e. Selain pembayaran biaya VISA, perlu diingat untuk student exchange kamu juga akan memerlukan bukti pembayaran SEVIS (Student Exchange and Visitor Program). Pembayarannya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dengan terlebih dahulu masuk ke dalam akun SEVIS (klik disini). Setelah dilakukan pembayaran melalui credit card, maka akan muncul bukti pembayaran dari Departement of Homeland Security-nya Amerika Serikat. print bukti pembayaran itu untuk dibawa pada saat wawancara.


Halaman Pembayaran SEVIS


f. Setelah janji wawancara disetujui dan waktu ditentukan, saya sangat menyarankan untuk datang lebih awal dari waktu yang ada. Jangan salah, pelamar Visa US ngantri! Anda akan mengantri dulu di luar pintu Kedubes sampai diijinkan masuk. Akan ada pengecekan paspor dan kelengkapan dokumen. Di luar pintu akan di cek paspor dan formulir janji wawancara apakah waktunya benar atau tidak. Setelah masuk dan meninggalkan/menitipkan seluruh barang bawaan kita (kecuali dokumen, makanan dan minuman juga dilarang dibawa masuk), maka kita akan melewati pemeriksaan kelengkapan dokumen tahap pertama. Kita akan diberi nomor kelompok untuk masuk. Giliran dipanggil masuk, tahap berikutnya adalah foto sidik jari. empat jari kanan, empat jari kiri lalu kedua jempol bersamaan. Kita akan dipandu oleh petugas yang mayoritas orang Indonesia. Setelah sidik jari selesai, kita menunggu kembali untuk dipanggil wawancara. Setelah dipanggil, masih dalam kondisi ngantri, kita akan ditanya satu-satu tentang tujuan ke amerika serikat, berapa lama, tinggal dimana, dan seterusnya sesuai keinginan pewawancara. Para pewawancara ini juga bisa berbahasa Indonesia, tapi kalau yang melamar visa untuk tujuan belajar biasanya akan ditanya dengan bahasa Inggris seluruhnya. Jangan khawatir, mereka ramah dan bersahabat! 


Di akhir wawancara, Anda akan diberi salah satu dari jenis formulir. Ada yang berwarna putih, itu artinya visa anda lolos. Warna hijau, visa anda diterima tapi masih ada yang harus dilengkapi. Nah, jangan sampai Anda mendapat warna Pink, karena itu artinya visa ditolak dan paspor anda dikembalikan.

g. Setelah Visa dinyatakan diterima, maka Anda bisa mengambil ke alamat dimana yang sebelumnya anda inginkan untuk mengambilnya. Pada waktu itu saya memilih untuk mengambil visa di bandung agar lebih dekat. Biasanya, paspor dan visa akan dikirim dan kita ambil di kantor FedEx sebagai mitra pengirimannya.

Ok guys, segitu dulu info soal visa ke Amerika Serikatnya ya, 
Semoga bermanfaat! 


No comments:

Post a Comment