23 August 2010

Menulis Buku, Siapa Takut ???

Kiat Menjadi Seorang Penulis :

Mulailah Membaca, Sekarang !!!
Seorang penulis bisa diibaratkan sebuah kendi yang penuh berisi air. Dari kendi itu mengalir ide-ide cemerlang ke dalam lembar-lembar gelas yang kemudian diminum (dibaca) oleh pembacanya. Bagaimana mungkin seseorang mampu menjadi penulis, jikalau kendi itu tadi kosong tanpa isi. Salah satu cara mengisi kendi itu tadi adalah dengan membaca. Semakin banyak dan beragam bacaan, maka semakin kaya pula isi kendi tersebut. Jika yang dimasukkan racun, maka racun pula yang keluar. Untuk itu, pastikan hanya buku-buku sehat dan berkualitas yang mengisi kendi Anda.
Bertukar pikiran, fardhu ‘ain !!!
  Selain membaca buku, seorang penulis juga harus rajin membaca fenomena di sekitarnya, baik fenomena alam, lingkungan, sosial, budaya dan lain sebagainya. Ketekunan membaca buku itu akan semakin lengkap jika seseorang rajin pula bertukar pikiran, pengalaman, dan pandangan dengan orang lain. Prinsipnya, semua orang adalah guru dan dari setiap peristiwa, pasti ada hikmah yang bisa dipetik dan dibagikan. Berdiskusi juga akan menyadarkan kita bahwa di atas langit masih ada langit, sehingga menghindarkan seseorang dari sikap merasa paling benar dan sifat sombong.
 
Mulailah menulis, Apapun !!!

Perjalanan seribu mil, pasti akan dimulai dari satu langkah. Setinggi apapun mimpi anda untuk menjadi penulis, tidak akan terwujud kalau tidak dimulai dari barisan kata-kata yang anda tuangkan saat ini. Mulailah mengikat apapun yang berkesan bagi anda dengan menuliskannya. Tidak peduli apakah bagus atau tidak tulisan itu saat ini. Sebab, mengharapkan sebuah tulisan sempurna tanpa proses editing adalah mustahil.  Untuk memulai, menulislah dengan hati. Pada waktunya nanti, akan ada editor profesional yang membantu anda menyempurnakannya.
Lihat sekeliling, Renungkan, Catat !!!
Banyak kejadian menarik di sekitar kita.  Tetapi tidak banyak orang yang akhirnya mengabadikannya menjadi sebuah tulisan yang indah dan penting untuk dibagi. Banyak buku hebat berawal dari sebuah renungan kecil dan sederhana. Itu karena katekunan seorang penulis yang mau menuliskan hal-hal sepele di sekitarnya. Percayalah, pengalaman setiap orang akan selalu berbeda, unik dan menarik untuk ditulis dan dibagi. Dimulai dari semangat saling berbagi, siapa tahu suatu saat akan mendatangkan rejeki yang lebih besar.
Percaya Diri, Harus !!!
Namun, hati-hati, hantu seram yang biasa menghinggapi penulis pemula adalah monster rendah diri. Banyak orang menganggap rendah karya tulisnya sendiri. Padahal, jika orang lain menilai mungkin hasilnya tak seburuk itu. Jika kita ingin berhasil dalam menulis, sebaiknya segera enyahkan hantu rendah diri itu dari hidup kita, secepatnya !! dan gantilah dengan pikiran positif dan tentu saja sikap rendah hati
Kenali dunia penerbitan dan jejaringnya !!!
Dalam strategi perang, konon pertahanan terbaik adalah menyerang. Kenalilah medan penulisan yang ingin anda masuki sedini mungkin. Jadilah penulis yang pro aktif mencari informasi. Setiap penulis pasti membutuhkan media untuk mempublikasi karyanya. Dalami dan pahami visi setiap media yang akan kita sasar. Dengan memahami karakter media maupun penerbit, maka kita akan lebih mudah mencari yang se-visi dan se-paham. Artinya, dengan mengenali dunia media dan penerbitan, satu langkah menuju kemenangan telah kita lewati.
Mulai tawarkan karya yang kamu Punya !!!
Tidak ada salahnya mencoba mengirimkan karya kita kepada penerbit yang dirasa cocok. Kalau belum percaya diri, bisa juga kita meminta bantuan teman, sahabat, atau orang-orang yang kita percaya akan memberikan masukan berarti. Ada baiknya ketika kita menawarkan sebuah karya, kita membuat terlebih dahulu ringkasan karya kita disertai penjelasan singkat mengapa naskah kita ini penting untuk dipublikasikan? Siapa sasaran pembacanya? dan hal-hal menarik lainnya.
Nge-Blog, cara mudah memulai menulis !!! 
Eits, jangan keburu minder atau merasa ribet. Ada pula cara cepat dan gampang untuk memulai menjadi penulis. Ya, jadilah seorang blogger! Dengan memiliki blog di internet, kita bebas menumpahkan apapun curahan hati kita dalam bentuk tulisan. Sekaligus, mengharapkan saran, kritik, dan komentar dari orang lain. Dengan demikian, selain kemampuan menulis kita yang akan terasah, rasa percaya diri kita juga akan muncul dan tentu saja networking kita akan semakin luas. Jika beruntung, bukan tidak mungkin dari tulisan-tulisan di blog kita suatu saat akan bisa menjadi sebuah buku best seller, who knows ???
Gabung ke komunitas penulis, online maupun offline !!!
Semua tips di atas, akan dengan mudah kita peroleh jika kita bergabung dengan komunitas penulis atau blog-blog komunitas. Di dalamnya sudah ada tradisi saling berbagi dan bertukar gagasan. Jika anda tidak menemukan komunitas itu, mungkin Andalah yang harus memulai membuatnya, why not?



No comments:

Post a Comment