13 July 2011

Detoksifikasi Nike dan Adidas

Berdasarkan investigasi baru-baru ini, kami telah mengidentifikasi bahwa beberapa merk pakaian  ternama di dunia, termasuk raksasa merk olahraga Adidas dan Nike, telah menerima pasokan bahan dari pabrik-pabrik di Cina yang melepas limbah kimia berbahaya ke sungai-sungai utama di negara itu.

Air bersih adalah salah satu sumber alam kita yang paling berharga namun juga paling terancam masa depannya. Tidak hanya di Cina, merk-merk global seperti Nike dan Adidas juga memiliki rantai pasokan manufaktur di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand dan Filipina, sehingga kita sama-sama menghadapi ancaman polusi limbah beracun. Kebanyakan limbah kimia dari pabrik tekstil dapat mengancam kesehatan manusia dan lingkungan. Beberapa jenis limbah kimia dapat mengakibatkan kanker dan beberapa lainnya dapat merusak sistem hormon. Limbah ini tidak dapat hancur di dalam lingkungan melainkan berkembang dalam tubuh hewan dan pada akhirnya dapat mengkontaminasi rantai makanan manusia.

Seperti layaknya para atlet dan superstar yang mereka sponsori – yang terkadang tersandung masalah, mengalami kemunduran dan menghadapi keputusan sulit -  Nike dan Adidas sekarang punya pilihan. Mereka bisa mengabaikan tantangan ini – atau mereka bisa menggunakannya sebagai kesempatan untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dengan bekerja bersama para pemasok mereka demi mengurangi pembuangan limbah beracun ke sumber air kita.

Nike dan Adidas sekarang berada di posisi terbaik untuk memberikan pukulan telak melawan pencemaran air. Siapa menurut Anda yang akan menjadi juara bagi masa depan bebas limbah beracun?
Terima kasih atas dukungan Anda!

Ahmad Ashov Birry
Juru Kampanye Penyelamatan Air
Greenpeace Asia Tenggara


Tak perlu menjadi superhero untuk menyelamatkan air kita. Pastikan Anda menonton video Tantangan Detoksifikasi Nike vs Adidas, kirimkan pada teman-teman Anda dan share di halaman Facebook dan Twitter Anda. Lakukan sekarang dan lestarikan air kita!

No comments:

Post a Comment