20 December 2012

Forum Bisnis Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) 2012

Jakarta, 18-19 Desember 2012

Ditjen Cipta Karya memberikan penghargaan kepada lima Bupati yang memiliki komitmen tinggi dan dukungan konkret terhadap  pembangunan Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) dalam program PISEW. Penghargaan diberikan oleh Direktur Pengembangan Permukiman Amwazi Idrus terhadap Bupati Simalungun, Merangin, Kaur, Belitung dan Enrekang di Gedung Sapta Taruna Kementerian PU, Rabu (19/12).

Pemberian penghargaan tersebut merupakan rangkaian dari acara Ekspo KSK PNPM PISEW yang diselenggarakan sejak Selasa kemarin. Selain pemberian penghargaan, Ditjen Cipta Karya juga menyerahkan kepada 13 kabupaten bantuan teknis yang dilengkapi rencana pengembangan KSK dan business plan dari komoditas unggulan mereka di masing-masing kebupaten. Dengan bantuan tersebut, total sudah 34 kabupaten yang mendapat fasilitasi business plan dari Ditjen Cipta Karya.

Di hari penutupan Ekspo tersebut, juga diberikan penghargaan bagi para pelaku kreatif pengembangan usaha komoditas unggulan kepada; Alex Fernando bidang usaha bubuk kopi di Kabupaten Merangin, Rahman pengusaha Jagung Kabupaten Jeneponto, A. Minto pengusaha tanaman pangan di Kabupaten Muaro Jambi dan Rita usaha pembuatan cake dan dodol bahan kopi di Kabupaten Kaur.
Dalam sambutan penutupnya, Amwazi Idrus mengatakan, pelaksanaan kegiatan ekspo ini untuk meningkatkan kepedulian peserta PISEW kepada percepatan pembangunan di KSK. Pembangunan KSK memfokuskan pengembangan usaha komoditas unggulan di KSK yang meliputi pengembangan pada aspek-aspek: pengembangan komditas unggulan termasuk pemasarannya; pemberdayaan masyarakat pelaku usaha; infrastruktur; permodalan serta penguatan kelembagaan pengelola KSK.
“Inti dari kegiatan ekspo ini adalah untuk melakukan promosi kegiatan serta memberikan informasi kepada segenap khalayak mengenai KSK dalam PNPM-PISEW. Beragam informasi yang disediakan telah dikemas dalam berbagai kegiatan yang menghadirkan pemangku kepentingan dari berbagai pihak,” kata Amwazi.
Ia menambahkan, kegiatan promosi ini tidaklah mudah, tetapi dengan semangat kemitraan diantara berbagai pihak, kita optimis bahwa pada akhirnya kita akan menemukan bagaimana pengelolaan KSK tersebut. Karena itu upaya-upaya yang telah kita lakukan selama ini, perlu kita tindak lanjuti dengan selalu memilihara semangat pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya masyarakat miskin di perdesaan.
“Semoga rangkaian kegiatan ini memberi manfaat dan pencerahan bagi kita semua sebagai bagian dari pemangku kepentingan dalam pembangunan KSK. Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih atas peran serta aktif saudara semua dalam acara ini,” kata Amwazi.
Di hari kedua Ekspo PNPM-PISEW itu juga diselenggarakan talksow dengan menampilkan narasumber dari Mien R. Uno Foundation, Lembaga Keungan Nasional PKPU, Sekolah Bisnis dan Manejemen ITB, Majalah Trubus, Kabupaten unggulan PISEW. Acara tersebut dibawakan oleh presenter TV kawakan Tina Talisa dan juga Fia dari KBR 68H.
Untuk memeriahkan acara, juga diberikan penghargaan kepada stand terbaik, pemapar eskpose terbaik dan lomba foto. Kabupaten Merangin menjadi kabupaten yang paling banyak mendapat penghargaan dalam ajang tersebut. (dvt)

Sumber Berita : Cipta Karya Kementrian PU

No comments:

Post a Comment