21 January 2012

Beasiswa ke Amerika (Fulbright-Aminef 2012-2013), Mau?


oleh : Yanu Endar Prasetyo

Temans, ini sedikit catatan dari sosialisasi beasiswa studi ke Amerika Serikat, Fulbright-Aminef, yang saya hadiri  kemarin (jumat, 20/01/12, pkl 09-11) di Gedung Rektorat IPB, Lantai 6. Barangkali ada yang berminat mau belajar ke negeri Obama bisa lewat jalur beasiswa ini. Meski dikenal dengan seleksi yang ketat, tetapi apa salahnya menjajal keberuntungan kita. Seperti kata orang bijak, “beasiswa bukan hanya untuk orang pintar, tetapi bagi mereka yang mau bersungguh-sungguh”. Tetapi saya akan sampaikan apa yang sempat tercatat di notes saya, untuk lebih lengkap dan detailnya bisa juga dilihat di website mereka yaitu di : www.aminef.or.id untuk macam-macam programnya  http://beasiswa.dikti.go.id untuk formulirnya dan juga e-mail untuk bertanya langsung ada di infofulbright_usa@aminef.or.id. Beberapa gambaran umum tentang Fulbright-Aminef dan alasan mengapa harus studi di Amerika antara lain :


1946 = lembaga Fulbright ini didirikan oleh senator J. William Fulbright. Selain seorang politisi, ia adalah juga seorang dosen dan rektor termuda (30  tahun) di Amerika. Ia membentuk lembaga beasiswa ini karena prihatin atas berbagai konflik antar bangsa yang terjadi di dunia. Oleh karena itu, ia berjuang di Kongres agar ada sebuah program pertukaran pendidikan antara orang amerika dan orang dari negara lain di seluruh dunia, sehingga dapat tercipta saling pengertian dan perdamaian antar bangsa (visi-misi Fulbright). “Education is a slow moving but powerful force” demikian motonya yang terkenal itu.

13 = Jumlah menteri di Kabinet Indonesia Bersatu yang memiliki gelar dari universitas di Amerika, termasuk presiden SBY dan Wapres Budiono.

70 = jumlah orang Amerika yang menjadi penerima hadiah Nobel di bidang Ekonomi

4900 = jumlah universitas yang terakreditasi di seluruh Amerika Serikat. Jauh lebih besar daripada negara-negara lain, sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan studi di USA.

300 = jumlah penerima beasiswa Fulbright-Aminef per tahunnya

19 = jumlah anggota Dewan Pengurus Aminef (American-Indonesian Exchange Foundation)

320.000 = jumlah alumni program beasiswa Fulbright-Aminef

Persyaratan umum :

1. Berjiwa pemimpin, aktif dalam kegiatan masyarakat
2. IPK min 3.0, boleh kurang sedikit asal dikompensasikan dengan kelebihan di aspek lain
3. Toefl minimal 550 untuk S2/Master dan 575 untuk S3/Phd, boleh kurang sedikit asal dikompensasikan dengan kelebihan di aspek lain (ini bukan kata saya, tapi kata perwakilan fulbright-aminef lho... :D)
4. Diprioritaskan sebenarnya Dosen atau yang serius akan menjadi dosen, akan tetapi diluar itu juga boleh melamar dan diberi kesempatan untuk terpilih (asal study objective Anda memang menarik dan bagus menurut mereka)
5. Semua bidang studi boleh, kecuali kedokteran.
6. Setelah selesai studi harus kembali lagi ke Indonesia untuk mengembangkan ilmunya

Tahapan penerimaan :

15 April 2012 : Batas akhir pendaftaran calon penerima beasiswa
Juni-Agustus 2012 : Wawancara langsung, akan dilakukan oleh 2 orang indonesia dan 2 orang Amerika dalam bahasa Inggris
Agustus-September 2012 : Pengumuman calon yang diterima
September-Oktober 2012 : Calon yang diterima akan dibiayai untuk test Toefl, GRE, GMAT
Februari-Juni 2013 : aplikasi akan didaftarkan oleh Aminef ke 5 Universitas pilihan di USA
Juni-September 2013 : Berangkat !!!

Soal teknis, rincian beasiswa dan detail-detail lainnya, silakan kunjungi website nya (udah saya tulis diatas) atau langsung bertanya ke perwakilan Fulbright-Aminef via email. selamat mencoba dan semoga beruntung, temans :)

"Take Control of Your Future"
(masa depan ada di tangan Anda)



17 comments:

  1. makasi infonya ya. kok link yang www.aminef.or.id ga bisa dibuka ya??? hehe

    ReplyDelete
  2. yang s2, maksudnya s1 yang mw lanjut ya ka?

    ReplyDelete
  3. klo skrng masih kuliah s1 tapi sebentar lg akan lulus, bisa gx ikut daftar? blz ke blog saya.www.tonisukses.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. yah pas baca ini sudah lewat... ini berlaku tiap tahun jadwalnya? terima kasih

    ReplyDelete
  5. yg exchange nya ada g??

    ReplyDelete
  6. klo tahapan wawancara kira2 pertanyaannya ttg apa saja yaa?? thx b4 :)

    ReplyDelete
  7. tadi disebutkan persyaratan "3. Toefl minimal 550 untuk S2/Master" setelah diterima ada "September-Oktober 2012 : Calon yang diterima akan dibiayai untuk test Toefl, GRE, GMAT" Apa bedanya TOEFL dpersyaratan dg TOEFL yg dilaksanakan september-oktober 2012"??

    ReplyDelete
    Replies
    1. toefl yang 550 itu minimal toefl ITP, tapi itu cuma buat apply beasiswanya sedangkan untuk ke universitasnya minimal memakai toefl IBT atau IELTS, makanya setelah menerima beasiswa diwajibkan kembali mengikuti ujian toefl yang lain.

      Delete
  8. kalo untuk s2 th 213/2014?
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar info, besok 23 January 2013 (Wednesday), ada sosialisai tentang info ini di kampus ane. dateng aja.

      buat lengkapnya cek di sini-->http://io.undip.ac.id/
      kalopun ga bisa dateng ntar ane ceritain hasilnya di bog ane deh ya? salam!

      Delete
  9. Selamat buat yang lolos, jangan lupa waktu pulang benar-benar mengamalkan ilmunya. Untuk yang aplikasinya dibuatkan atau diterjemahkan orang lain selamat juga, Untung Aminefnya ga tau ya...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Beasiswa ke Amerika Serikat 2013 nih http://tinyurl.com/aljv6m6

    ReplyDelete
  12. kalo hampir selesai s1 bisa ndak ikut daftar beasiswa fullbright 2013/2014 ? balas disini zhoeryadhee.salam@gmail.com

    ReplyDelete